Powered By Blogger

Senin, 10 Oktober 2011

Perusahaan & Lingkungan Perusahaan

Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena kebutuhan manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati beberapa proses disuatu tempat, sehingga intinya adalah tempat melakukan proses sampai bisa digunakan oleh manusia.
Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan 
Tempat kedudukan dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketepatan pemilihan tempat dan letak perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga. Tempat kedudkan perusahaan adalah kantor tempat perusahaan tersebut, tempat kedudukan perusahaan umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga lain seperti lembaga keuangan, pemerintahan dan lain sebagainya. Letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik, letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya. Contoh faktor biaya adalah:
- Harga bahan mentah/bahan pembantu
- Tingkat upah buruh
- Tanah
- Pajak
- Tingkat Bunga
- Biaya alat produksi tahan lama
- Biaya atas jasa pihak ketiga
Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan merupakan suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa kepada para konsumennya, bukan untuk mencapai keuntungan maksimal tetapi membantu membuka lapangan pekerjaan. Tujuan perusahaan dibagi menjadi dua yaitu tujuan ekonomis dan tujuan sosial, dimana kedua tujuan tersebut sangat berperan untuk menapai tujuan utama sebuah perusahaan

Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya  Terhadap Perusahaan
Lingkungan perusahaan dibagi menjadi dua, yaitu lingkungan eksternal dan lingkungan internal. Lingkungan eksternal tidak terlalu berpengaruh terhadap perusahaan, lingkungan eksternal meliputi tekanan umum dari luar perusahaan ataupun faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja. Lingkungan eksternal dibagi menjadi dua yaitu lingkungan eksternal mikro dan makro. Lingkungan Internal adalah faktor yang berada dalam lembaga produksi dan langsung berpengaruh pada produksi. Banyak pengaruh yang dapet mempengaruhi suatu perusahaan seperti Pemerintah, Hukum, Politik, Militer dan keadaan Sosial
Pendekatan Dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
Kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu dipengaruh oleh lingkungan. Hubungan antar bisnis dengan lingkungan sangat erat. Perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan maka akan kancah dari dunia perbisnisan. Dalam hal ini, siapa yang berhasil mendekati konsumen maka dialah yang akan bertahan dalam kancah perbisnisan, jadi pada saat seperti inilah para pengusaha harus pandai melihat faktor lingkungan. Jadi, dalam hal ini yang merupakan faktor yang sentral adalah manusia atau konsumen sedangkan pengusaha mengelilingi mereka.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar